ss

Jumat, 29 April 2016

Tips cara menghilangkan jerawat secara alami

Selamat datang dan selamat bergabung di artikel kesehatan satelit herbal. Bagi kalian para remaja, jerawat adalah sesuatu yang dihindari karena sangat mengganggu dan wajib menghilangkannya ketika jerawat itu muncul pada wajah,sebab jerawat yang muncul akan membuat kepercayaan diri kita menurun. Untuk itu, kami disini akan menjelaskan mengenali jerawat, penyebab, tips serta bagaimaina cara alami untuk menghilangkan dan mencegah jerawat.

Mengenali Jerawat
Jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Biasanya bintik-bintik yang tergolong parah tersebut akan meninggalkan bekas luka. 
Selain ditandai dengan gejala-gejala seperti kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik, kadang-kadang jerawat juga menyebabkan kulit terasa panas dan sakit saat disentuh. Ada beberapa bagian pada tubuh yang biasa ditumbuhi jerawat dan yang paling umum adalah wajah. Jerawat merupakan kondisi yang umum, artinya sebagian besar orang pernah mengalaminya.

  
Penyebab Munculnya jerawat
  1. Produksi minyak berlebihan.
    Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, tetapi lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak, atau sabun di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
  2. Sel-sel kulit mati.
    Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat memproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sabun yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan bahwa jerawat hanya menyerang muka. Akan tetapi faktanya jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti dibagian punggung, dada, dan lengan atas.
  3. Bakteri
    Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p. acne yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu jerawat yang meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.
Penyebab lainnya:
  • Karena Faktor Keturunan atau Genetik
  • Karena Aktivitas hormon ataupun akbiat penurunan hormon pada wanita
  • Akibat hormon testosteron pada pria
  • Disebabkan oleh kelenjar minyak yang sangat aktif (Hiperaktif)
  • Efek samping dari Stress
  • Terdapat bakteri pada pori - pori kulit
  • Disebabkan oleh berbagai macam polusi udara
  • Akibat kita sering menggaruk wajah dan terjadi iritasi sehingga timbul jerawat
  • Akibat menkonsumsi pil KB
  • Anabolic Steroid
  • Karena adanya darah kotor
  • Jenis jerawat akan muncul tergantung pada umur kita juga
  • Terlalu banyak mengkonsumsi coklat
  • Terjadi penyumbatan pori - pori wajah  akibat sel kulit mati tidak terangkat
  • Kurangnya memimun air putih juga bisa menyebabkan jerawat
  • Terlalu banyak merokok dan meminum alkohol
  • Akibat alergi pada kosmetik
  • Kurangnya asupan vitamin A pada tubuh. Contoh makanan yang mengandung vitamin A antara lain wortel, ubi, bayam dll
  • Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 seperti ikan , susu dll
  • Sering memegang jerawat sehingga memperbanyak jerawat
  • Terlalu sering menyentuh wajah padahal tangan kita penuh dengan bakteri
  • Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung
  • Kurang menjaga kebersihan kulit  
  • Jarang mencuci muka, padahal kegiatan mencuci muka harus dilakukan saat bangun tidur setelah beraktifitas dll
Macam-macam jerawat 
Berikut ini adalah jenis jerawat yang umum terjadi pada wajah kita: 
  1. Jerawat biasa (jerawat klasik)
    Ini  adalah jerawat yang sering menyerang kita terutama saat menginjak masa puber atau karena perubahan hormon menjelang masa menstruasi, dan stres. Ciri-ciri jerawat ini adalah tonjolan berwarna merah muda yang terjadi karena pori-pori kulit kita tersumbat oleh infeksi bakteri propionibaceterium acne. Bakteri ini bertempat tinggal di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat atau pada daerah asam lemak pada  kantung kelenjar sebaceous dalam pori-pori kulit.
  2. Komedo
    Komedo yang sering membuat ujung hidung dan dagu terasa kasar dan gatal  juga merupakan salah satu jenis jerawat. Komedo terdiri dari dua jenis yaitu whitehead dan blackhead, atau komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo terjadi karena sekresi kelenjar minyak yang berlebihan ditambah sel-sel kulit mati yang bergabung dan menutup pori-pori. Whitehead atau komedo yang tertutup telah ditumbuhi kulit pada bagian pori-pori yang tersumbat, sementara blackhead adalah pori-pori yang melebar dan menghitam.
  3. Jerawat batu
    Jerawat batu adalah jerawat yang sering meninggalkan bekas pada wajah berupa bopeng atau kulit yang menjadi cekung. Ini adalah jerawat-jerawat besar yang berkumpul pada muka dengan peradangan hebat yang menimbulkan rasa sakit. Biasanya jerawat batu terjadi karena keturunan atau faktor genetik.  
        
Cara alami menghilangkan jerawat
  1. Menggunakan es Batu, Es batu berperan untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area sekitar jerawat sekaligus membantu mengecilkan pori-pori pada kulit, membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan kotoran pada kulit dan menghilangkan minyak berlebih yang menumpuh pada kulit.
  2. Menggunakan madu, madu memang mmeiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak bisa diragukan lagi. Madu juga mengandung antibiotik yang sangat tinggi. Madu dapat mencegah infeksi menyebar yang berakibat meradangnya jerawat.
  3. Menggunakan jeruk nifis, jeruk nifis sendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menyembuhkan jerawat, fakta tersebut bisa anda lihat dimana sabun cuci sudah banyak menggunakan bahan dari jeruk nifis yang ketika digunakan pada sesuatu yang berminyak, maka kadar minyaknya akan berkurang. Hal ini sama persis pada wajah, dimana wajah yang kadar minyaknya tinggi akan lebih mudah berjerawat. Oleh karena itu jeruk nifis salah satu bahan favorit yang bisa anda gunakan.
  4. Menggunakan tomat, buah tomat bukan hanya digunakan untuk pelengkap bahan-bahan masakan, akan tetapi juga dapat digunakan untuk mencegah jerawat agar tidak timbul pada wajah. Manfaat lainnya pada tomat adalah dapat mengencangkan kulit dan ini cocok untuk kulit wajah.
  5. Menggunakan lemon, buah lemon sendiri bisa mengeringkan jerawat pada wajah, hal ini karena buah lemon banyak mengandung vitamin C.
Tips menghindari jerawat 
  • Memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda
  • Mengurangi tidur larut malam
  • Mengurangi rokok
  • Hindari makanan berupa gorengan, coklat, alkohol, kopi serta kacang-kacangan
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya resiko stress karena stress akan menyebabkan penderitanya mengkonsumis makanan yang berlemak
  • Bersihkan layar ponsel anda, karena tanpa anda sadari ada banyak bakteri yang menempel pada kulit wajah anda jika anda sering bertelponan dalam kondisi layar ponsel anda kotor.
Cara pencegahan
Setelah anda mengetahui apa saja penyebab  yang menimbulkan jerawat, maka anda bisa mencegah bahkan menghilangkan jerawat pada wajah anda. Pada dasarnya jerawat pun bisa di atasi dengan teknik pembersihan dan perawatan yang tepat. Meskipun jerawat bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, anda tetap bisa meringankannya dengan penanganan yang tepat. Penangannya bisa dilakukan dengan cara yang alami dan tradisional yang pastinya tidak akan meninggalkan efek samping. Untuk informasi obat jerawat secara lengkap dan jelas klik http://satelitherbal.com/ atau bisa hubungi langsung admin kami di 0812 2442 9800 atau PIN BB 2B489FF8.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar