ss

Minggu, 24 April 2016

Pengertian lipoma

Selamat datang dan selamat bergabung di artikel kesehatan satelit herbal. Banyak yang mungkin belum mengetahui apa itu lipoma serta apa yang menjadi penyebab lipoma tersebut serta gejala dan jenis-jenis nya. Maka dari itu sekarang kami disini akan memberikan informasi seputaran lipoma.

Mengenal Lipoma
Pengertian lipoma. Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak.
Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), namun juga dapat dijumpai pada anak-anak. Karena lipoma merupakan lemak, maka dapat muncul dimanapun pada tubuh ini. Jenis yang paling sering adalah yang berada lebih ke permukaan kulit (superficial). Biasanya lipoma berlokasi di kepala, leher, bahu, badan, punggung, atau lengan. Jenis yang lain adalah yang letaknya lebih dalam dari kulit seperti dalam otot, saraf, sendi, ataupun tendon.
Tumor ini jarang berubah menjadi tumor ganas. Lipoma lebih sering ditemukan pada wanita dan lebih sering tumbuh di lengan, batang tubuh dan leher bagian belakang. Beberapa orang hanya memiliki 1 lipoma, sedangkan yang lainnya memiliki beberapa buah lipoma.

  Penyebab terjadinya penyakit lipoma 
  Penyebab utama lipoma hingga saat ini belum diketahui, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena lipoma:
  • Faktor genetika kemungkinan berperan dalam munculnya lipoma.
  • Walau lipoma bisa menimpa orang pada segala usia, namun lebih sering terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40-60 tahun, dan jarang menimpa anak-anak.
  • Orang-orang yang menderita penyakit tertentu, seperti sindrom Cowden, sindrom Gardner, dan adiposis dolorosa. 
 Gejala lipoma
  Lipoma bisa muncul di bagian tubuh manapun. Berikut ini adalah beberapa gejala atau ciri-ciri lipoma:
  • Ukuran lipoma biasanya memiliki diameter kurang dari 5 cm, namun ukurannya bisa bertambah besar karena lipoma bisa tumbuh.
  • Jika ditekan menggunakan jari, lipoma akan mudah bergerak, serta terasa lembek.
  • Lipoma terletak di bawah kulit dan biasa muncul di area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu.
  • Jika lipoma tumbuh makin besar dan mengandung banyak pembuluh darah atau menekan saraf di sekitarnya, lipoma akan terasa sakit.
Jenis-jenis penyakit lipoma
  1.  Angiolipoleiomyoma
    Jenis lipoma ini adalah jenis lipoma yang paling sering muncul. Lipoma ini tersembunyi dan menyatu dengan jaringan penghubung antara pembuluh darah dan lemak.
  2. Angiolipoma
    Angiolipoma menimbulkan rasa sakit yang hebat. Lipoma jenis ini lebih keras dari lipoma biasa, dan memiliki semua ciri lipoma yang telah disebutkan.
  3. Neural Fibrolipoma
    Lipoma ini bersifat menekan pembuluh darah.
  4. Familial Lipomatosis Multiple
    Tumor ini ditandai dengan beberapa benjolan kecil yang memiliki batas yang tegas, artinya benjolannya jelas berbentuk bulat atau lonjong. Biasanya terdapat pada paha atau lengan atas (daerah extremitas). Pada penderita, sering dijumpai adanya riwayat keluarga yang terkena penyakit ini juga.
  5. Penyakit Dercum (Adiposis Dolorosa)
    Lipoma jenis ini sering menimbulkan rasa nyeri. Penyakit ini sering menyerang wanita yang telah menopause, sering mengonsumsi alkohol, memiliki ketidakstabilan emosi, dan depresi.
  6. Intradermal Spindle Cell Lipoma
    Lipoma jenis ini biasa menyerang perempuan dan tumbuh pada leher, tubuh, dan kepala.
  7. Spindle-cell Lipoma
    Lipoma jenis ini biasa menyerang laki-laki dan tumbuh di punggung, bahu, dan leher.
  8. Chondroid Lipoma
    Lipoma jenis ini tumbuh di kaki perempuan dengan sangat dalam.
  9. Pleomorphic Lipoma
    Lipoma jenis lonjong ini sering menyerang pria tua, bentuknya seperti bunga yang sangat besar.  
Makanan yang dipantang penderita lipoma 
Makana yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung lemak tinggi seperti:
  1. Sayuran yang mengandung lemak tinggi seperti sawi putih, kangkung dan tauge
  2. Makanan yang diawetkan
  3. Seafood (Ikan asin)
  4. Buah-buahan yang mengandung lemak tinggi seperti durian, nangka, nanas, dan lengkeng
  5. Daging, contohnya seperti daging kambing yang memang mengandung lemak tinggi dan akan memperbesar ukuran lipoma
Cara menyembuhkan lipoma 
Pada dasarnya lipoma tidak memerlukan tindakan apapun, kecuali untuk alasan kosmetik atau pembesaran benjolan telah menimbulkan keluhan nyeri dan mengganggu pergerakan. Cara untuk menghilangkan penyakit lipoma ini biasanya dilakukan dengan cara operasi pengangkatan lipoma.Tidak jarang untuk melakukan operasi ini menelan biaya yang tidak sedikit dan juga akan meninggalkan bekas luka sayatan setelah operasi.

Kami menyarankan kepada anda cara untuk menyembuhkan atau menghilangkan lipoma bisa dengan menggunakan pengobatan herbal atau tradisional. Untuk informasi obat secara lengkap dan jelas klik http://satelitherbal.com/ atau bisa hubungi langsung admin kami di 0812 2442 9800 atau PIN BB 2B489FF8


Tidak ada komentar:

Posting Komentar